Terbaru
Instagram Hilangkan Fitur “swipe up” Ini sebagai Penggantinya

Instagram Hilangkan Fitur “swipe up” Ini sebagai Penggantinya

INFO TECHNO — “Swipe up” selama ini banyak digunakan oleh kalangan bisnis dan kreator di Instagram untuk mengarahkan pengguna Instagram Stories ke laman web.

Dengan begitu para follower bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang suatu hal yang dipromosikan.

Namun, mulai 30 Agustus mendatang, fitur khas tersebut bakal dipensiunkan.

Sebagai gantinya, Instagram mengatakan kreator yang sebelumnya sudah mendapatkan fitur swipe up akan bisa menggunakan stiker yang memuat link.

Bentuknya serupa stiker yang biasa digunakan di Stories.

Dengan demikian, alih-alih melakukan gerakan swipe up, penonton Instagram Stories nantinya harus mengetuk stiker tersebut untuk mengunjungi laman kreator yang bersangkutan.

Peralihan dari swipe up ke stiker ini diumumkan lewat notifikasi yang muncul di akun Instagram kreator, seperti diungkap oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong yang kemudian diamini oleh YouTuber Sam Sheffer.

Meskipun sudah mendapat notifikasi, Wong mengaku belum menemukan stiker link dimaksud di dalam menu Stories.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (24/8/2021), Instagram sebenarnya sudah mulai menguji coba fitur stiker yang memuat tautan ke website sejak Juni lalu.

Dibandingkan mekanisme swipe up, penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri.

Misalnya, kreator bisa memilih aneka bentuk dan ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana saja di dalam konten Stories untuk meningkatkan engagement.

Kabarnya, Instagram sedang mempertimbangkan untuk menyediakan fitur stiker link bukan hanya untuk kalangan bisnis atau kreator yang sudah memiliki privilege swipe up saja, tapi juga pengguna lain secara umum. (*)
kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*